April 6, 2021 By videaonline.info 0

Keunggulan Laptop Dell Latitude 9510 dengan 5G

Saya menguji Dell Latitude 9510 dengan 5G untuk mengetahui apakah pengguna bisnis mungkin ingin mempertimbangkannya untuk kenyamanan, keamanan, atau bahkan tidak mengganggu

Saat saya melihat Gadget Terbaru laptop perusahaan baru, saya telah memikirkan opsi mana yang mungkin diinginkan perusahaan. Salah satu yang terbayang adalah mobile broadband atau WWAN (wireless wide-area network) —dengan kata lain konektivitas seluler, khususnya 5G. Opsi LTE pada laptop perusahaan cukup umum, tetapi 5G sekarang mulai diluncurkan.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin mempertimbangkan opsi seluler. Salah satu alasannya mungkin kenyamanan – konektivitas Wi-Fi hanya berfungsi jika Anda memiliki Wi-Fi, yang biasanya di area terbatas. Layanan seluler, baik 4G atau 5G, biasanya tersedia di lebih banyak tempat, jadi Anda dapat menggunakannya saat berada di kereta atau di belakang taksi. Anda dapat menggunakan ponsel cerdas sebagai hotspot seluler, tetapi itu canggung dan menghabiskan masa pakai baterai dari ponsel.

Lalu ada keamanan. Kami telah mendengar sejumlah cerita tentang spoofing Wi-Fi — terutama di tempat-tempat seperti bandara, hotel, dan kedai kopi — di mana serangan “man-in-the-middle” menangkap informasi yang dikirimkan melalui Wi-Fi sebelum diteruskan ke internet. Itu jauh lebih sulit dilakukan dengan koneksi seluler saat ini. (Perhatikan, saya tidak mengatakan tidak mungkin.)

Salah satu mesin pertama yang saya lihat dengan konektivitas 5G adalah Dell Latitude 9510 . Saya telah menulis tentang penggunaan laptop sebelumnya. Saya merasa ini adalah laptop 15 inci yang dibuat dengan baik dengan prosesor Comet Lake dan masa pakai baterai yang sangat baik dan beberapa fitur baru yang bagus (deteksi kehadiran yang disebut Masuk Ekspres dan mikrofon peredam bising.) Pada unit pertama saya, saya mendapatkan hasil yang beragam pada tolok ukur. Untuk menguji 5G, saya mendapat unit baru dengan konfigurasi dasar yang sama. Itu mencetak lebih banyak sesuai dengan apa yang saya harapkan. (Secara khusus, unit pertama sangat lambat dalam menjalankan spreadsheet Excel besar yang saya gunakan. Butuh waktu 88 menit; yang baru membutuhkan waktu 56 menit — bukan yang terbaik yang pernah saya lihat, tetapi dalam jangkauan.)

Dengan 9510, ada opsi untuk 5G dengan AT&T atau Sprint, yang menambahkan sekitar $ 420 ke laptop kelas atas, jadi ini adalah solusi yang sebagian besar untuk eksekutif atau orang lain yang komunikasinya sangat sensitif. Saya menggunakan model dengan konektivitas Sprint, yang saat ini berarti saya menggunakan T-Mobile .
Seperti biasa dengan konektivitas seluler, kecepatan bergantung pada tempat Anda menggunakannya. Di rumah saya, saya mendapatkan kecepatan unduh mulai dari 110 hingga 195 Megabit per detik (Mbps), dan 17 hingga 35 Mbps, yang dapat diterima untuk sebagian besar jenis komputasi bisnis, termasuk panggilan video. Di pusat kota Stamford CT, kecepatan unduh saya turun menjadi sekitar 50 Mbps, lebih lambat tetapi masih cukup bagus. Saya menemukan lokasi lain di mana saya seharusnya memiliki sinyal 5G, tetapi kecepatan unduh dibatasi hingga di bawah 20 Mbps.

Itu adalah fungsi dari cakupan. T-Mobile memiliki lebih banyak 5G “mid-band” daripada operator lain, dan tebakan saya adalah bahwa inilah yang saya lihat di lokasi yang lebih cepat. (Meskipun dengan perangkat lain, saya telah melihat kecepatan yang mendekati dengan layanan T-Mobile LTE Advanced). Jika cakupannya kurang bagus, meskipun masih ada, saya mendapatkan kecepatan yang lebih lambat — mungkin menggunakan spektrum pita rendah.

Satu-satunya notebook 5G lain yang saya gunakan sejauh ini adalah Lenovo Flex 5G , yang berjalan pada prosesor Qualcomm dan terhubung ke jaringan Verizon, yang belum menawarkan 5G di tempat saya tinggal. Terhubung ke LTE, saya mendapatkan kecepatan 40 hingga 50 Mbps naik dan turun di dekat rumah.

Dalam kedua kasus tersebut, saya mengharapkan kecepatan yang jauh lebih cepat jika saya dapat terhubung ke layanan mmWave 5G pita tinggi. Sampai batas tertentu, itulah daya tarik nyata dari 5G: kecepatan yang jauh lebih cepat saat teknologi ini diluncurkan.

Tentu saja, koneksi LTE lebih murah. Dell menawarkan konektivitas LTE pada beberapa model Latitude yang lebih murah dengan harga di bawah $ 150. Tergantung di mana Anda berada, ini mungkin tidak secepat itu, tetapi itu cukup baik untuk sebagian besar penggunaan.

Jika Anda membeli 5G sekarang, Anda kemungkinan akan mendapatkan sedikit peningkatan kecepatan, tetapi yang lebih penting, Anda membeli teknologi yang akan menjadi lebih baik di masa depan, karena kami melihat lebih banyak penerapan.

Koneksi seluler secara umum, dan 5G pada khususnya, belum menjadi arus utama bagi sebagian besar pembeli laptop. Tetapi ketika pandemi selesai, dan kami mulai bepergian lagi, saya dapat melihat ini menjadi semakin populer.